Setelah sekian lama mencoba menerapkan e-Learning untuk membantu memudahkan siswa belajar tanpa batas ruang dan waktu, mulai dari penggunaan media dokeos dan edmodo sudah saya jalani. Kurang dan lebih aplikasi tersebut sangat dirasakan oleh guru dan siswa. Dari sisi guru penggunaan media tersebut perlu belajar dan megenal lebih dalam dengan banyak langkah harus dilalui, termasuk mengadakan pelatihan dan workshop bagi guru, baru guru bisa menerapkan kepada siswa. Dari sisi siswa harus diminta sign up terlebih dulu dengan langkah-langkah yang rumit dan panjang. Inilah sisi kurang dari penggunaan aplikasi tersebut.
Namun semangat untuk membuat model pembelajaran yang berbeda, segar dan baru terus saya upayakan dengan banyak membangun komunikasi dengan teman-teman dari jejaring sosial. Salah satu saran teman adalah dengan membuat blog khusus untuk pembelajaran, segeralah saya membuat blog khusus dengan alamat www.onipambagyo.blogspot.com yang digunakan untuk membantu para siswa dalam belajar biologi baik ketika di kelas maupun pemberian tugas di rumah. Media blog yang saya buat sangat membantu para siswa dalam belajar. Para siswa dapat mengunduh materi untuk bahan diskusi dan LKS untuk kegiatan laboratorium. Bahkan dalam kegiatan remidial teaching dan remidial test juga saya lakukan melalui media blog tersebut. Namun kelemahan dalam penggunaan media blog adalah saya masih harus mengkoreksi pekerjaan para siswa yang dikirim memlalui email, dan itu mebutuhkan banyak waktu. Sempat saya bertanya pada beberapa teman untuk menggunakan aplikasi dimana saya tidak perlu membuang banyak waktu untuk mengkoreksi pekerjaan para siswa dengan aplikasi yang tidak terlalu rumit.
Tibalah dua minggu yang lalu melalui facebook, saya diberitahu oleh seorang mantan siswa Roni Wijaya (www.facebook.com/ronywijaya.web.id?ref=ts&fref=ts) untuk mencoba aplikasi Quipper School. Semula saya membayangkan aplikasi ini akan sama rumitnya dengan program e-Learning yang lain. Tapi apa salahnya mengintip program tersebut. Begitu klik link Quipper School, maka muncul jendela yang menawarkan untuk mulai bergabung, pilih guru. Dan terus saya ikuti tanpa tutorial, mulai membuat akun hingga membagi kelas dan mengupload tugas untuk kelas X Ruang Lingkup Biologi, ternyata begitu mudahnya. Dan yang mengejutkan tidak membutuhkan waktu lama,,,ya hanya kurang lebih 60 menit, saya sudah bisa membuat tugas untuk para siswa lengkap dengan print out kode akses semua siswa dalam kelas yang keesokan harinya akan saya bagikan.
Keesokan harinya, saya masuk kelas dan memberi pengumuman untuk meminta para siswa mengerjakan tugas melalui blog saya yang sudah saya link ke Quipper School. Semula mereka bingung. "Bagaimana caranya Pak?", mereka bertanya. Setelah saya jelaskan dengan singkat, silahkan klik link Quipper School buat akun siswa menggunakan facebook masing-masing (karena hampir semua siswa telah memiliki akun facebook ) dan masuk atau gabung kelas dengan menggunakan kode akses yang telah saya bagikan. Barulah anak-anak memahami bercampur rasa penasaran.
Rasa penasaran siswa terjawab dengan komentar begitu mudahnya sign up dan gabung kelas dengan menggunakan kode akses. Dan komentar yang paling saya tunggu tentang konten, mereka mengatakan soal-soalnya mantap, dan merangsang untuk mencoba dan mencoba lagi hingga paham.
Kini aplikasi Quipper School adalah aplikasi yang memang sudah saya tunggu lama dan sesuai dengan harapan saya. Belajar tidak harus terkurung oleh ruang dan waktu, belajar boleh dimana saja dan kapan saja. Dan Quipper School menjawab semua itu, inilah yang saya cari.
Harapan saya untuk Quipper School kedepan, agar boleh memberi ruang bagi guru untuk ikut mengembangkan konten pembelajaran bermutu dan sesuai dengan Kurikulum 2013.
Terimakasih Quipper School yang telah membantu banyak ribuan guru dan jutaan siswa untuk mencapai impian dan cita-citanya.
Salam,
Oni Pambagyo Triantoto
Seorang Guru Biologi Kelas X dan XI
di SMAN 1 Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.
Pada Blog Biologi ini, materi pelajaran dan ujian diupload pada Google Docs. Petunjuk :1. Bila tulisan terlalu kecil, gunakan Zoom
2. Bila ingin men-download materi, silakan klik menu File >> Download







0 comments:
Post a Comment